AndaIngin

Rumah Minimalis - Definisi Sederhana dan Kriteria

Rumah Minimalis

Belakangan ada salah satu jenis model rumah yang populer yaitu minimalis. Konsep rumah tersebut diketahui banyak diperbincangkan karena persepsi yang memandang konsep minimalis adalah murah untuk biaya pembuatannya.


Padahal, itu keliru karena rumah minimalis nyatanya tidak “seminimalis” harga pembangunannya. Bahkan, beberapa pemilik rumah dengan konsep minimalis harus rela merogoh kocek lebih banyak daripada desain rumah lainnya. Seperti apa konsep minimalis yang diterapkan dalam pembuatan rumah? Apa saja kriteria rumah sehingga bisa dikatakan minimalis? Berikut uraian selengkapnya
Apa Itu Rumah Minimalis?
Pertama bisa jadi Anda belum terlalu paham tentang konsep minimalis pada rumah itu sebenarnya seperti apa? Apa rumahnya kecil, perabotannya minim, tidak punya lahan luas, atau bagaimana?
Jadi, rumah minimalis adalah rumah dengan model yang simple. Baik dari segi desain rumah atau interior di dalamnya. Desain minimalis juga sebenarnya tidak ada patokan khusus. Desain minimalis pada hunian bisa menghindarkan dari kesan “sombong”, karena terlihat tidak terlalu mewah. Konsep minimalis itu sendiri berfokus pada pemenuhan kebutuhan dasar bagi pemilik rumah.
Biasanya, hunian minimalis selalu diidentikan dengan warna-warna netral. Misalnya seperti hitam, abu-abu, atau putih. Walaupun, jika Anda melihat rumah dengan warna-warna tersebut tidak juga bisa langsung dikatakan sebagai hunian minimalis.


Kriteria Hunian Minimalis

 
● Tata Ruang Yang Sederhana

Karakteristik rumah minimalis yang pertama adalah dari segi tata ruang yang menganut konsep kesederhanaan. Sebagian besar ruangan hunian minimalis sengaja dibuat polos, namun tetap efisien dengan volume ruang bertingkat.
Ruangannya juga dibuat dengan bentuk sederhana, dengan denah lantai terbuka. Selain itu, hunian minimalis juga diketahui meminimalisir dinding interior yang ada. Begitu juga pada bagian area penyimpanan juga dibuat lebih sederhana.
Sebenarnya rumah minimalis sangat berfokus pada keleluasaan pandangan. Sehingga orang yang melihat seluruh area rumah jadi lebih bebas tanpa terlalu banyak ditemukan penghalang. Ini merupakan karakteristik utama dari konsep hunian minimalis.

 


● Arsitektur Bangunan Geometris

Ruang Minimalis

 

Anda bisa perhatikan di beberapa hunian minimalis yang sekarang dapat dengan mudah ditemukan. Terutama dari segi arsitekturnya, pasti rata-rata dibuat dalam bentuk geometris yang tegas. Sekali lihat saja, Anda pasti sudah langsung paham jika ditemukan rumah dengan bentuk kubus atau kotak, kemungkinan besar pemiliknya ingin menghadirkan konsep minimalis.
Selain itu, rumah minimalis juga punya karakteristik atap yang dibuat tidak dalam bentuk segitiga seperti rumah pada umumnya. Kebanyakan atapnya hanya datar saja, tanpa adanya tambahan dekorasi atau lekukan tertentu sebagai penghias.

 


● Mengoptimalkan Fungsi Dari Jendela Kaca

Pernahkah Anda melihat tampilan rumah yang menggunakan kaca sebagai aksesoris utamanya. Kemungkinan besar, itu adalah konsep hunian minimalis yang sekarang sedang populer. Faktanya, hunian minimalis memang mengedapankan kaca dan jendela yang besar dan lebar.
Penggunaan jendela besar pada rumah minimalis, dimaksudkan supaya baik udara serta sinar matahari dapat masuk ke rumah dengan maksimal. Dengan begitu, tingkat kelembapan area dalam rumah bisa tetap terjaga. Selain itu, cahaya matahari pun dapat berfungsi sebagai penerangan alami. Apalagi jika sengaja dibuat agar furniture terpapar dengan sinar matahari tersebut. Maka, nilai estektikanya juga makin terlihat.

 


● Pemilihan Warna Lembut Dan Bersih

Ruang Minimalis Terang

 

Sebagian besar hunian minimalis rata-rata memilih warna untuk dinding seperti putih atau abu-bau. Pasalnya, kedua warna tersebut dipercaya memberikan kesan bersih. Selain itu, putih dan abu-abu juga dikenal sebagai warna netral.
Pastinya akan sangat cocok bagi rumah minimalis untuk menggunakan warna-warna dinding semacam itu. Sesuai dengan konsep minimalis yang mengedepankan kesederhanaan, modern, tanpa menghilangkan kesan elegan.

 


● Detail Eksterior Sederhana Minim Dekorasi

Silahkan Anda melihat hunian minimalis terutama bagian eksteriornya. Kebanyakan akan menggunakan material sederhana seperti yang bertektur untuk detail eksterior rumah. Namun, meskipun material yang digunakan bertekstur, tetap masih memilih bentuk sederhana. Artikel ini dirilis diinternet pertama kali oleh situs iproperti.id
Banyak desain eksterior rumah minimalis yang menggunakan dinding bertekstur sederhana seperti yang bergaris tegas. Selain itu, hunian minimalis pun tak terlalu mementingkan dekorasi eksterior rumah. Meskipun ada, mungkin hanya minim sekali, sebagai pelengkap saja.

 


● Membatasi Penggunaan Sekat Pembatas Ruangan

Konsep hunian minimalis juga sangat membatasi penggunaan sekat pembatas ruangan. Hal tersebut sesuai dengan tujuannya yaitu mengutamakan efisiensi ruang. Penggunaan sekat pembatas ruang, atau pillar hanya akan membuat ruangan kian sempit sebab pada dasarnya tidak terlalu dibutuhkan.
Beberapa ruangan rumah minimalis seperti ruang makan, dapur, sekaligus ruang keluarga akan ditempatkan pada satu area luas. Pembatas masing-masing ruang hanya menggunakan furniture yang ada. Terkecuali pada beberapa ruangan private seperti kamar tidur dan kamar mandi tetap diberikan pembatas. Sehingga tetap dibuat ruangan tersediri.

 


● Penggunaan Furnitur Minimalis

Furnitur Minimalis

 

Mengusung konsep minimalis, artinya furniture yang dipakai juga harus mendukung. Perlu dipilih furniture yang minimalis juga atau bersifat essential saja. Misalnya untuk ruang keluarga, hanya disiapkan furniture seperti meja, sofa, dengan rak. Tidak boleh lebih dari semua itu.
Begitu juga pemilihan bentuk furniture juga harus diperhatikan. Rumah minimalis hanya menggunakan furniture dengan bentuk yang tidak terlalu besar serta minim dekorasi. Dengan kata lain semua furniture yang digunakan hanya berfokus apda fungsi. Mengapa harus dipilih yang bentuknya kecil? Karena harus meminimalkan penggunaan area dalam rumah.

 


● Ruangan Di Dalamnya Harus Terbuka, Bersih, Dan Terang

Oleh karena hunian minimalis hanya menggunakan furniture yang diperlukan, artinya akan banyak space kosong tersedia. Hal tersebut memberikan kesan lapang pada ruangan tersebut. Oeh sebab itu, konsep hunian minimalis sangat direkomendasikan bagi orang yang punya lahan sempit tapi tidak mau meninggalkan kesan lega pada ruangan dalam rumah.
Rumah minimalis juga selalu didukung dengan mudahnya cahaya masuk ke dalam ruangan. Sebab, jendela kaca sebagian besar dibuat lebar, luas dan banyak. Intensitas cahaya matahari yang tersebut, bisa membuat ruangan makin tampak bersih dan terang. Tidak salah memang konsep minimalis sangat cocok ditinggali oleh penghuni yang mengedepankan kenyamanan dan kehangatan.

 


● Keberadaan Taman Minimalis

Kebun Minimalis

 

Ketersediaan taman juga merupakan salah satu karakteristik hunian dengan konsep minimalis. Walaupun hunian minimalis banyak dibangun pada lahan yang tidak terlalu luas, taman kecil pasti ditemukan di salah satu areanya. Adanya taman minimalis tersebut dimaksudkan sebagai area penyegar hunian.
Taman-taman pada rumah minimalis biasanya diletakkan di area depan teras. Pada umumnya diisi dengan rumput teki atau rumput gajah mini yang tertata rapi. Ada juga yang menambahkan bunga-bunga cantik sebagai penghias.
Tanaman-tanaman kecil juga kerap kali ditemukan di taman minimalis untuk menghindarkan dari kesan ramai. Paling banyak ditemukan di taman hunian minimalis adalah kaktus kecil atau jenis tanaman lain yang punya warna netral.

 

Itu dia tadi informasi tentang apa itu rumah minimalis serta karakteristiknya. Anda ingin bangun rumah dengan konsep minimalis? Paling tidak karakteristik di atas harus Anda hadirkan dalam rumah. Desain minimalis pada rumah memang bukan menghadirkan kesan mewah. Namun lebih berfokus pada ketenangan, kesederhanaan, serta kelegaan dalam hidup.