AndaIngin

Kolam Ikan Minimalis - Pengertian dan Kriterianya

Kolam Minimalis Penuh Ikan

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan terhadap ikan hias, memeliharanya di rumah akan menjadikan hal yang sangat menyenangkan. Pecinta ikan hias pasti memiliki keinginan untuk membuat kolam khusus untuk menempatkan ikan-ikan yang dimilikinya.


Bukan hanya bagi orang-orang yang tertarik akan ikan hias saja ternyata, mengusung konsep kolam hias juga kini mulai dilirik oleh para pemilik rumah. Keberadaan kolam ikan minimalis dalam sebuah hunian ternyata mampu menambah estetika dan kenyamanan.
Bahkan suara gemericik air dan ikan hias tersebut dapat membuat nuansa hunian terasa lebih sejuk dan alami. Maka tidak heran jika membangun kolam cantik untuk ikan hias kini semakin diminati.
Melalui pembahasan ini, Anda dapat mengetahui lebih jelas tentang kriteria pembuatan kolam ikan serta jenis-jenis ataupun ide desainnya. Namun sebelum itu, sedikitnya perlu dipahami terlebih dulu apa itu kolam ikan minimalis.
Berbeda dengan pembuatan jenis kolam ikan pada umumnya, kolam ikan hias atau minimalis, ditujukan pada bentuk kolam ikan yang memiliki nilai sederhana namun elegan, modern, serta aestetic.
Tentu di sini nilai lebihnya adalah kepada struktur atau unsur seni yang lebih ditonjolkan. Sehingga selain fungsi utamanya sebagai habitat ikan, keberadaan kolam ikan minimalis ini mampu membuat view di rumah Anda lebih indah lagi. Maka berikut kriteria kolam ikan hias minimalis.


Kolam Ikan Minimalis untuk Lahan Sempit

Kriteria bentuk kolam ikan pertama adalah yang diperuntukkan bagi lahan sempit. Bagi Anda yang ingin memanfaatkan sisa lahan di Rumah agar lebih bermanfaat, maka membangun kolam minimalis adalah pilihannya.
Tak masalah jika lahannya sempit, karena ide kolam ikan minimalis umumnya diperuntukkan bagi luas tanah yang minim. Apalagi jika rumah Anda pun berkonsep minimalis, maka harus memaksimalkan setiap fungsi ruang dan lahan.
Kini, membangun kolam hias tidak akan menghabiskan lahan luas. Bahkan melalui berbagai desain kolam masa kini yang lebih kreatif, ide-ide tersebut dapat menjadi solusi bagi Anda. Berikut ini model-model kolam hias untuk lahan minim.

Kolam Kecil

 

● Kolam Teras Belakang Rumah

Kini banyak yang menempatkan kolam ikan minimalis di depan, dalam, bahkan belakang rumah Model. Dan model pertama yang cocok untuk lahan rumah sempit, yaitu memanfaatkan teras belakang rumah. Rata-rata pemilik rumah memanfaatkan lahan sisa di belakang rumah seperti itu-itu saja, cukup menambahkan teras belakang atau taman.
Kini lahan belakang rumah bisa dibuat lebih catchy dan tidak monoton. Anda bisa membuat teras sederhana berbahan dasar kayu, lalu dibangun juga kolam hias yang meskipun kecil namun memiliki estetika lebih.
Dengan begitu kolam ikan minimalis dapat digunakan sebagai tempat berkumpul atau quality time bersama keluarga. Selain itu, kolam tersebut bisa membuat penghuni lebih fresh dan tidak mudah bosan.

 


● Kolam di Lahan Taman

Kedua, ide kolam hias untuk lahan rumah minimalis juga bisa dimanfaatkan menyatu dengan taman. Jika sebelumnya hunian Anda telah memiliki taman, maka dapat menambahkan kolam hias dengan lahan secukupnya. Bahkan dengan kolam berukuran 3x3 m saja, sudah bisa membuat hunian lebih indah.
Meskipun kecil, kolam ikan minimalis dapat diberi sentuhan artistik lainnya. Misalnya menambahkan nuansa batu alam di dinding atau pinggiran kolam, menambahkan nuansa alami dari tumbuh-tumbuhan, dan lainnya. Perpaduan taman dan kolam minimalis ini akan sangat mendukung bagi si kecil agar betah bermain di rumah.

 

● Kolam Memanjang Bak Saluran Air

Bentuk kolam hias untuk kriteria lahan sempit selanjutnya, adalah membangun kolam tipe memanjang dan ramping. Tak jarang dalam pembangunan rumah, selalu memiliki sisa lahan berapapun ukurannya.
Jika sebelumnya Anda berpikir bahwa sisa lahan memanjang sangat tanggung untuk dibangun sesuatu, maka kini tidak lagi. Sebagai ide maka dapat dibuat kolam ikan minimalis bertema sistem aliran air atau seperti selokan bersih dan dapat digunakan untuk habitat ikan hias. Agar lebih indah, dapat menambahkan aliran air layaknya air terjun mini.

 

● Kolam Perahu

Di lahan yang minim, kolam hias juga dapat lebih ditonjolkan dengan memaksimalkan desain atau bentuknya. Yang lebih epic, Anda dapat menggunakan referensi kolam berbentuk perahu yang unik dan indah. Bentuk ini sangat cocok untuk tempat yang minim, karena mengikuti pola perahu layaknya piramida terbalik, yaitu mengerucut atau kecil di bagian bawahnya.

 

● Kolam Sekaligus Pembatas

Kolam pendek

Ide berikutnya yang sesuai konsep minimalis, kolam dapat dibuat menyatu sebagai pembatas rumah atau pagar. Jika kebanyakan pembatas rumah dibuat dengan model yang itu-itu saja, maka Anda dapat mengubahnya menjadi kolam ikan minimalis.

 


Kolam Minimalis Berbahan Kaca

Kriteria berikutnya dalam pembuatan kolam hias yang minimalis, adalah kolam dari kaca atau bertema kolam transparan. Kolam berbahan kaca, bahan tempered glass layaknya akuarium besar bahkan kini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, termasuk dalam bidang proyek konstruksi ini. Artikel ini dirilis diinternet pertama kali oleh situs iproperti.id
Alasannya, selain untuk estetika, penggunaan bahan transparan cocok untuk lahan minimalis, agar dapat mengesankan view yang lebih luas, termasuk pada pembuatan kolam ikan minimalis.

 

● Kolam Kaca Bawah Tangga

Jika melihat tren konsep masa kini, membangun kolam hias di bawah tangga bukanlah sesuatu yang aneh lagi. Ide unik ini dapat Anda jadikan referensi atau ikuti, karena penempatannya tidak memerlukan lahan khusus lagi. Cukup memanfaatkan ruang bawah tangga yang biasanya dibiarkan begitu saja, penghuni bisa mendapatkan nuansa berbeda dari ide tersebut.

 

● Kolam Kaca Layaknya Dinding

Ide kolam ikan minimalis bernuansa transparan selanjutnya adalah dengan membuat kolam ramping dan memanjang ke atas layaknya dinding. Konsep seperti ini mulai banyak digunakan, karena kini terdapat bahan kaca super kuat yang dapat digunakan untuk bahan konstruksi lainnya. Dengan begini, Anda akan mendapatkan kolam hias cantik layaknya akuarium besar.

 

● Kolam di Luar Area Kaca Jendela

Referensi berikutnya ini bukan kolamnya yang terbuat dari kaca, namun letak kolam yang berada di area penggunaan kaca. Misalnya Anda membangun kolam kecil di depan kaca jendela minimalis, sehingga dapat membuat kesan kolam leboh luas.

 

● Lantai Kaca Kolam Ikan Minimalis

Lalu ide yang tak biasa selanjutnya, adalah kolam ikan minimalis yang dibuat di lantai yang sering kita pijaki. Sebelumnya harus dibuat terlebih dulu kolam menjorok ke bawah seperti biasa. Lalu sebagai penutupnya, bagian atas yang akan digunakan sebagai lantai harus terbuat dari kaca agar transaparan.
Tentu desain seperti ini adalah konsep minimalis terbaik, yang tidak memerlukan tambahan lahan lagi. Dengan konsep bawah lantai, kolam ikan yang indah dapat dinikmati penghuninya.

 


Kolam Minimalis untuk Lantai Atas

Banyak yang memilih rumah bertingkat sebagai pilihan konsep minimalis. Karena meskipun lahan pembangunan yang dimiliki cukup minim, meningkatkannya menjadi beberapa lantai adalah solusi yang sering ditemui. Lantas bagaimana jika ingin memiliki kolam ikan minimalis?

 

● Kolam Ikan Minimalis Rooftop

Ilustrasi Rooftop Pond

 

Kriteria dan tipe kolam untuk rumah bertingkat, dapat memanfaatkan area rooftop. Anda dapat memanfaatkan atap rumah dak beton untuk tempat bersantai atau taman yang memiliki kolam mini yng cantik. Jika rooftop akan dimanfaatkan untuk lahan berair seperti kolam ikan atau kebun mini, maka pastikan untuk menggunakan sistem waterproofing agar tidak bocor.
Itulah singkatnya penjelasan mengenai definisi kolam ikan minimalis serta berbagai kriteria bentuk atau modelnya.