AndaIngin

Jenis-Jenis Properti Yang Umum Dicari Publik

Properti

Jaman sekarang, orang sudah banyak yang menaruh minat pada aktivitas investasi. Dari sekian jenis investasi, properti mungkin cukup banyak penggemarnya.


Sebab, harga properti tiap tahun rata-rata mengalami peningkatan. Apalagi jenis properti untuk investasi jumlahnya lumayan variatif. Tidak salah memang investasi properti membutuhkan cukup banyak modal. Hanya saja, sekarang ketersediaan modal bukan alasan utama untuk menunda meraih keuntungan dari investasi properti.
Ada sistem property crowdfunding yang tidak mengharuskan Anda untuk mengeluarkan uang secara langsung untuk beli properti. Anda bisa beli secara patungan, dengan keuntungan yang dihitung berdasarkan presentasi kepemilikan.
Dengan sistem ini, Anda juga tidak perlu lagi memikirkan soal perizinan, tenant, dan ketentuan lain yang terlalu rumit. Sebenarnya apa saja jenis properti yang umum dicari orang untuk investasi? Berikut uraian selengkapnya

 


Indekos

Indekos atau lebih familiar dengan nama kos-kosan merupakan properti yang saat ini cukup banyak diminati. Khususnya, bagi orang yang butuh dana segar setiap bulannya. Pasalnya, pemilik indekos sudah pasti bisa memperoleh uang sewa bulanan yang jumlahnya cukup besar. Pemilik pun hanya perlu melakukan perawatan pada bangunan indekost miliknya.
Jenis properti seperti indekos ini lebih cocok diaplikasikan di daerah perkotaan. Sebab, di area tersebut sudah pasti banyak sekali pabrik atau kawasan perkantoran. Kemungkinkan banyak karyawan yang mencari tempat tinggal sementara. Maka indekost jadi pilihan paling dicari dalam kondisi tersebut.

 

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi properti indekost tidak bisa dikatakan main-main. Coba hitung saja, jika Anda punya minimal kamar kos sebanyak 4 hingga 5 buah. Lalu Anda sewakan 1 hingga 2 jutaan per kamar sebulan. Dengan begitu, paling tidak sebulan Anda bisa dapat dana segar sebesar 8 jutaan.
Hal itulah yang membuat jenis properti indekost hingga saat ini masih sangat populer. Ditambah lagi, biaya yang dikeluarkan juga lumayan sedikit. Mungkin hanya untuk biaya listrik dan air saja, serta beberapa perawatan minor. Kalau dihitung kembali, jumlahnya mungkin tidak sampai 25% dari total pendapatan Anda.

 


Apartemen

Kalau dulu mungkin apartemen merupakan properti mewah. Sekarang, Anda bisa menemukan apartemen di banyak tempat. Salah satu alasannya adalah apartemen kini sudah mulai banyak peminatnya. Masyarakat sudah makin sadar, apartemen juga merupakan hunian nyaman untuk ditinggali terutama kaum milenial.
Atas dasar fakta tersebut, jenis properti apartemen saat ini juga makin populer dan diketahui banyak dicari. Didukung oleh fakta jika kini sudah mulai bermunculan apartemen mewah yang siap untuk disewakan dengan harga miring. Beberapa bahkan punya harga sewa hampir menyerupai indekost. Makin banyak saja orang uang memilih tinggal di apartemen.

 

Ketika Anda memilih apartemen sebagai investasi keuntungannya pun relatif tinggi. Dengan hitungan kasar, pemilik apartemen bisa mendapatkan keuntungan sekitar 7 hingga 12% per tahun.
Selain itu, ketika Anda ingin memilih jenis properti apartemen sebagai media investasi, pastikan menyiapkan modal yang cukup besar di awal. Salah satunya untuk membeli beberapa furniture pelengkap supaya bisa disewakan lebih mahal nantinya. Selain itu, usahakan memilih apartemen yang berada di lokasi strategis. Hal itu akan membantu memberikan nilai plus bagi apartemen Anda.
Tanah
Jika selama ini Anda hanya menganggap investasi properti hanya terbatas pada bangunan saja, Anda keliru. Tanah pun juga termasuk kategori investasi properti paling diminati saat ini. Apabila Anda memilih tanah sebagai investasi agaknya merupakan pilihan yang tepat.
Sebab, salah satu jenis properti tersebut menawarkan keuntungan cukup besar dengan biaya perawatan sangat minim jika dibandingkan dengan properti lainnya. Biasanya, tanah banyak dipilih oleh kalangan investor pemula. Pasalnya, harga tanah sendiri terus mengalami peningkatan mengingat keterbatasan lahan jaman sekarang.

 

Bila Anda sedikit lebih kreatif, Anda juga bisa manfaatkan tanah milik Anda tersebut sehingga bisa mendatangkan penghasilan pasif. Misalnya saja Anda menggunakan tanah sebagai lahan parkir. Saat sewaktu-waktu ingin menjualnya pun, Anda bisa mengeruk keuntungan berlipat karena harga tanah makin mahal di beberapa tahun ke depan.
Jenis properti tanah bukan hanya sekedar menguntungkan bagi pemiliknya. Tanah juga sangat minim biaya perawatan. Sehingga Anda tidak akan terlalu terbebani dengan biaya tersebut. Apalagi, jika dibandingkan dengan properti berupa bangunan, tanah sama sekali tidak perlu aktivitas renovasi hingga pembersihan ekstra yang menyita banyak waktu dan uang.

 


Kontrakan

Tidak hanya indekost saja, kontrakan sebenarnya juga merupakan properti yang cocok untuk investasi. Bahkan kontrakan pun sekarang makin banyak peminatnya untuk dipakai sebagai media investasi. Mengingat kontrakan bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan pokok. Sehingga tidak ada cerita orang tidak butuh kontrakan untuk tempat tinggal.
Saat Anda memilih kontrakan sebagai salah satu jenis properti untuk investasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Paling penting adalah pemilihan lokasi yang tepat. Usahakan memilih kontrakan yang berada di lokasi strategis. Misalnya dekat lingkungan perkantoran, tidak jauh dari pusat keramaian, dan masih banyak lagi.

 

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi properti berupa kontrakan sebenarnya tidak jauh beda dengan indekost. Setiap tahun, pemilik kontrakan bisa menerima keuntungan rata-rata mencapai 4 hingga 6%. Hanya saja, ketika Anda berinvestasi kontrakan ada baiknya lakukan persiapan untuk hal tidak terduga.
Pasalnya jenis properti kontrakan ini cukup beresiko, misalnya ada beberapa penyewa yang ternyata kurang bertanggung jawab. Oleh sebab itu, sebagai pemilik kontrakan yang menyewakan propertinya, Anda dituntut untuk lebih selektif memilih penyewa. Paling tidak untuk meminimalkan resiko kerugian, karena banyak bagian rumah kontrakan yang rusak.

 


Properti Komersial

Properti komersial juga merupakan media investasi masa kini yang cukup digemari. Tidak kalah dengan properti lain, beberapa properti komersial bahkan menawarkan keuntungan besar. Jangkauan pasar untuk properti komersial juga sangat jelas yaitu kalangan pebisnis dan pengusaha.
Kalau belum tahu jenis properti komersial adalah bangunan-bangunan yang biasa dipakai untuk melakukan usaha atau bisnis. Anda bisa mencoba untuk memulai investasi properti komersial dengan membangun ruko untuk berjualan atau kebutuhan lain. Selain itu, Anda juga dapat membangun sebuah kantor kecil, yang biasa dimanfaatkan sebagai co-working space.
Saat Anda memilih properti komersial sebagai investasi ada 2 pilihan yang bisa diandalkan. Pertama, Anda bisa menyewakannya. Dengan menyewakannya, Anda bisa meraih keuntungan besar. Pasalnya, menyewakan properti komersial ini tidak sama dengan ketika menyewakan hunian biasa seperti indekost, apartemen, atau kontrakan. Harga sewanya pasti jauh lebih mahal.
Selain itu, jenis properti komersial ini juga bisa Anda manfaatkan dengan cara lain. Misalnya dengan melakukan aktivitas jual beli ruang perkantoran. Bisnis seperti ini sekarang juga banyak dicoba karena bisa menghasilkan keuntungan besar.

 

Paling penting adalah, Anda harus memilih lokasi strategis. Sebab, apabila sampai salah pilih lokasi tidak menutup kemungkinan Anda kehilangan banyak peminat. Saat Anda berhasil, keuntungan Anda dari investasi properti komersil bahkan bisa mencapai 6 hingga 9% per tahun.
Itu dia tadi beberapa jenis properti yang saat ini paling dicari orang untuk investasi. Semua memang menjanjikan keuntungan besar. Anda bisa pilih salah satunya jika tertarik masuk ke dunia bisnis investasi properti.