AndaIngin

Apa Itu Advertorial - Mengenal Secara Lengkap

Advertorial

Sebagai seorang pemula di bidang bisnis, setidaknya Anda harus mulai memahami apa itu advertorial. Saat ini supaya perkembangan bisnis makin lancar, Anda butuh strategi marketing yang tepat. Advertorial ini bisa jadi solusi yang tepat.

 Apa itu advertorial? Apakah sama dengan jenis iklan lainnya? Jika penasaran, Anda bisa perhatikan saja penjelasan selengkapnya di bawah ini.

 

Mengenal Apa Itu Advertorial Secara Rinci dan Jelas

Kalau Anda masih menganggap advertorial adalah sejenis iklan, sebenarnya tidak salah juga. Hanya saja, advertorial tidak bisa disebut iklan biasa. Advertorial punya format tulisan ala jurnalistik. Pada umumnya, Anda bisa menemukan Advertorial ini di beberapa surat kabar atau majalah.

 

Dari segi bahasa, Advertorial ini berasa dari bahasa Inggris yaitu edvertising dan editorial. Sehingga, advertorial bisa bermakna bentuk strategi pemasaran dengan penulisan ala jurnalistik (5W + 1H). Mengapa advertorial ini bukan termasuk iklan biasa?

 

Sebab tampil dalam bentuk yang lebih halus. Beda dengan iklan biasa yang membuat orang bisa langsung paham apa yang penulis inginkan. Iklan biasa juga sering berfokus pada penggunaan kata bernada persuasive.Beda dengan advertorial yang lebih menekankan pada penggunaan bahasa jurnalistik yang cenderung informatif. Prospek dari iklan advertorial ini juga jauh lebih besar daripada iklan biasa. Hal ini karena audience sering tidak merasa jika dirinya sedang baca iklan promosi.

advertorial juga bisa bermakna sebagai salah satu pilihan media pemasaran untuk menggaet lebih banyak peminat. Sebab, rata-rata orang terbukti lebih suka baca advertorial sebab penjelasannya terkesan informatif daripada iklan biasa. Dengan begitu, peluang produk akan laku juga makin tinggi.

 

Beberapa orang mungkin penasaran di mana bisa menemukan sejenis iklan tersebut? Nyatanya, advertorial bisa Anda temukan di banyak surat kabar atau majalah. Namun seiring perkembangan jaman seperti sekarang, advertorial pun makin mudah Anda temukan di website hingga media sosial. Hanya saja, Anda juga harus ingat. Penggunaan iklan advertorial akan berbeda aturan tiap platform. Hal ini demi membuat pembaca makin nyaman dan menyesuaikan kebutuhan masing-masing platform tersebut.

 

 Koran2

 

Tujuan Advertorial

Setelah tahu apa itu advertorial secara garis besar, Anda pun harus paham dengan tujuan dan fungsi salah satu jenis strategi pemasaran tersebut. Sebenarnya fungsi dari advertorial itu sama seperti iklan biasa. Keduanya sama-sama bertujuan sebagai sarana promosi produk atau jasa, sehingga makin banyak yang mengenalnya.

Dengan begitu, makin banyak juga orang yang kemungkinan besar akan beli produk atau jasa tersebut. Hanya saja, tidak banyak orang tahu jika advertorial sebetulnya punya tujuan khusus. Seperti dapat membangun citra perusahaan itu sendiri. Selain itu, dengan adanya advertorial pun perusahaan dapat menyajikan informasi produk atau jasa pada masyarakat secara halus.

Bisa berarti juga advertorial hadir sebagai pendamping sekaligus penerjemah iklan yang telah muncul di media massa. Oleh karena tujuan ini juga, penulisan advertorial harus jelas, lugas, dan mudah dipahami.

 

Sifat Iklan Advertorial

Kita sudah tahu apa itu advertorial dan tujuan pembuatannya, kini giliran penjelasan tentang apa saja sifat-sifat dari iklan tersebut. Agar bisa masuk kategori advertorial, paling tidak harus punya beberapa ciri utama seperti diantaranya adalah:

  • Menekankan sisi informatif saat memperkenalkan produk atau jasa
  • Bersifat persuasive pada publik, walaupun pada kenyataannya tampil secara halus.
  • Eksplanatif yaitu bisa memberikan informasi secara detail tentang produk dan jasa perusahaan.
  • Harus interpretative yaitu mampu menjelaskan secara mendetail terkait produk dan jasa lewat keterangan.
  • Argumentatif, mengandung alasan mengapa masyarakat harus menggunakan barang atau jasa tersebut.
  • Influentif, yaitu bisa menarik perhatian pembaca agar segera membeli produk dan jasa.
  • Harus eksploratif, dengan begitu pembaca dapat tahu informasi lengkap dan utuh tentang produk dan jasa tersebut.

 

 

Jenis-jenis Iklan Advertorial

Advertorial Produk

Jenis iklan advertorial ini biasanya memuat tentang informasi produk. Mulai dari bagaimana kualitasnya, cara pembuatannya, hingga apa saja jenisnya supaya masyarakat bisa pilih salah satunya.

 

 

Advertorial Jasa

Beda dengan iklan advertorial sebelumnya yang menawarkan produk. Kalau yang ini berniat menjual jasa. Sehingga kalimat penawarannya berhubungan dengan jasa perusahaan. Jenis pembahasannya bsia tentang jenis layanan, sejarah munculnya jasa tersebut, dan lainnya.

 

Advertorial Korporat

Kalau tadi bahasan utamanya tentang penawaran produk atau jasa. Advertorial korporat biasanya berfokus pada pembahasan tentang perusahaan. Hal-hal yang biasa masuk topik seperti kegiatan perusahaan, apa saja produk jadi dari perusahaan tersebut, dan masih banyak lagi.

 

Advertorial Pemerintah

Sesuai namanya, Advertorial pemerintah pun bahas tentang informasi seputar pemerintahan. Hal-hal yang biasanya masuk topik pembahasan antara lain seperti produk layanan publik, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

 

 TrafficDashboard

 

Keunggulan Advertorial

Masyarakat Cenderung Lebih Menyukainya

Daripada iklan hard-selling yang hanya fokus menawarkan produk atau jasa, orang-orang terbukti lebih suka iklan advertorial. Pasalnya, iklan advertorial ini tidak terkesan memaksa atau menggurui. Bahkan, beberapa pembaca hampir tidak merasa sedang baca penawaran iklan.

Penulisan advertorial ini begitu halus, serta melampirkan informasi lengkap yang kadang belum banyak orang mengetahuinya. Sehingga, pembaca pun akhirnya merasa makin nyaman. Keputusan membeli produk atau jasa pun akhirnya terjadi dengan suka rela. Tanpa paksaan, justru rata-rata orang akan sedang. Bukan hanya dapat barang atau jasa, tapi juga informasi penting lainnya.

 

Dapat Sekaligus Membangun Citra Perusahaan

Sebagai perusahaan baru, atau memang sudah berdiri lama, tetap harus menjaga citra perusahaan. Dengan begitu akan lebih mudah lagi untuk mencari calon pelanggan baru. Ada banyak sekali cara untuk membangun citra perusahaan.

Selain dengan membuat produk dan jasa berkualitas dan membina hubungan baik dengan pelanggan, penggunaan iklan advertorial ini pun bisa jadi solusi. Sebab, melalui iklan advertorial ini, masyarakat bisa tahu informasi lain tentang perusahaan Anda. Tanpa harus memaksa mereka untuk kenal dengan produk atau perusahaan Anda.

Sebagai informasi saja, bentuk pengenalan halus semacam itu makin membuat tingkat kepercayaan masyarakat jadi jauh lebih tinggi. Tidak akan sulit lagi untuk mencari calon pelanggan baru jika situasinya seperti ini. Jika anda ingin menggunakan advertorial untuk meningkatkan bisnis anda baik yang berhubungan dengan Properti ataupun tidak, anda bisa menghubungi cs.iproperti.id untuk informasi lebih lanjut, bagaimana memasang advertorial untuk bisnis anda di iProperti.id

 

 

Penyampaian Advertorial Di Media Massa Bisa Lebih Halus

Baik iklan biasa atau advertorial sebetulnya bisa muncul di semua media massa. Hanya saja, rata-rata saat orang baca iklan biasa, akan langsung tidak berminat. Pasalnya penggunaan kata-kata dari awal sudah sangat kentara jika itu iklan yang memaksa pembaca untuk beli produknya.

Beda jika menggunakan advertorial, karena pemilihan bahasa dan kalimatnya lebih halus. Pembaca bahkan ada yang sampai tidak sadar jika sedang bawa iklan. Biasanya, hal itu akan makin mudah menarik pembaca supaya mau beli produk.

Itu dia tadi pembahasan singkat tentang apa itu advertorial. Selain itu ada juga penjelasan tentang tujuan, jenis, sifat, dan keunggulan salah satu jenis iklan tersebut. Semoga informasi ini bisa jadi bahan referensi terbaik.